SeLaMaT DaTaNg Di BlOg Aku, SeMoGa IsI BlOg InI BeRmAnFaAt. Nasehat dan Hal yang Mendidik Untuk Orangtua Anak Indigo - PuByKaRmAtoLi.Net

Kamis, 20 September 2012

Nasehat dan Hal yang Mendidik Untuk Orangtua Anak Indigo

Anak indigo perlu didisiplinkan, jika tisak, mereka akan menyalahkan anda. Tapi maaf, Anda jangan salah paham, ini tidak bermaksud menghukum. Ini hanya ingin agar mereka bealajar berperilaku apa yang bisa diterima dan yang tidak bisa diterima. Bersikaplah fair, akan tetapi jangan lupa letakkanlah batasan-batasan yang tepat. tetapkanlah konsekuensi-konsekuensi yang beralasan, agar mereka tidak melanggar. Sebagai contoh, lima menit telah berlalu, maka sebagai gantinya katakanlah "Kamu akan Menyesal" atau dengan bahasa yang samar "Kamu akan saya pukul", namun tentunya anda jangan sambil marah.
Terus laksanakanlah! jika mungkin, biarkanlah mereka membantu anda menetapkan batasan-batasan waktu tersebut. sebagai contoh, biarkanlah mereka menyatakan pada anda tempat mana yang tidak aman bagi mereka. Anda dapat memandu diskusi ini terhadap apa yang anda butuhkan dan biarkanlah mereka menentukan konsekuensi-konsekuensi, yang mungkin barangkali akan lebih kasar dibanding dengan konsekuensi yang akan anda tetapkan. Mereka mungkin akan mengatakan bahwa "Saya tidak akan bermain dengan mainan favorit saya sepanjang hari esok", karena anda sudah menyatakan "Kau boleh bermain asalkan setengah jam". dengan demikian mereka membantu menetapkan aturan dan diharapkan mereka mematuhinya.
Berikan alasan mengapa mereka dilarang untuk melakukan sesuatu, seperti berlari-lari dengan liar atau teriakan-teriakan kasar "Diamlah jangan berteriak, telinga mama dan telinga kucing terganggu". Indigo perlu tahu darimana anda berasal meskipun mereka tidak suka itu, mereka perlu mendengarkan itu.
Berikanlah pilihan-pilihan A atau B, bukan C "A atau B", apabila dia tidak memilih, maka dia tidak akan melakukan apapun. katakan (Padanya) kebenaran sesaui dengan usianya. jangan pernah bohong pada seorang anak indigo, mereka akan tahu.

Katakanlah bahwa "Dia dicintai", dan peluklah seseringmungkin! pastikanlah anak anda tahu bahwa itu bukan kesalahan mereka !

Biasanya anak-anak berfikir, merekalah penyebab pertengkaran tersebut. Maka katakanlah bahwa anda masih mencintai mereka. berikanlah mereka cinta dan kasih sayang yang tulus serta perhatian yang ekstra, sebab setalah pertengkaran merupakan kondisi yang buruk bagi mereka. sering kali Anak Indigo adalah anak yang empati, namuan dalam situasi serba tertekan, sangatlah susah bagi mereka untuk berempati. Putarkanlah musik untuk membantu mengubah mood dan energi.. Anda juga dapat memanfaatkan dupa atau membuat masakan atau mengajak mereka jalan-jalan.
Indigo sangatlah eksploralatif dan mempunyai banyak energi. hal ini membantu anda untuk mengalihkannya pada sesuatu tau hal-hal yang menyenangkan, produktif atau sekurang-kurangnya tidak berbahaya.
Jika anak anda sudah cukup besar, maka anda dapat meminta mereka pergu ke hutan untuk menemukan hal-hal yang alamiah, seperti sebuah batu dengan garis-garisnya dan buah daun yang hampir mirip, seekor hama, setangkai bunga liar, air terjun, 6 buah daun yang memiliki warna yang berbeda dan lain-lain. anak-anak akan menikmati alam dan menyukai jenis hiburan ini. anda pun dapat pergi bersama mereka, anda akan kaget dengan hal yang anda temukan diluar sana.
Jadikanlah kegiatan membersihkan mainan sebagai tanggung jawab mereka, anda dapat membantu, tapi biarkanlah mereka mngerjakannya sendiri. Mengalihkan kegiatan tersebut menjadi permainan hanyalah untuk membuat mereka bahagia dalam melakukan aktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikanlah Komentar, saran dan Kritik yang membangun "