SeLaMaT DaTaNg Di BlOg Aku, SeMoGa IsI BlOg InI BeRmAnFaAt. <blink>Mengenal PHP</blink> - PuByKaRmAtoLi.Net

Jumat, 20 Januari 2012

Mengenal PHP

PHP dikenal sebagai sebuah bahasa script yang menyatu dengan tag-tag HTML, dieksekusi di server, dan digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis seperti halnya Active Server Pages (ASP) atau Java Server Page (JSP).

PHP adalah sebuah bahasa script server-side yang bisa digunakan dengan bahasa HTML atau dokumennya secara bersamaan untuk membangun sebuah aplikasi di web yang sangat banyak kegunaannya. PHP ini mirip dengan bahasa C dan perl yang mempunyai banyak kesederhanaan dalam pemrosesan perintah dan sangat kompatibel digunakan dengan aplikasi database yang ada. Karena memang PHP berasal dari bahasa C dan PERL. Versi pertama PHP dibuat pada tahun 1995, kemudian pada tahun 1996 diluncurkan versi keduanya yang diberi nama PHP/F1, pada pertengahan tahun 1997 versi ketiga dirilis. Hingga sampai sekarang PHP telah mengalami penyempurnaan dan mencapai versi ke 5, Banyak penyempurnaan yang telah dilakukan pada versi ini yaitu : integrasi Zend Engine, Build in HTTP Session, dan tidak lagi menggunakan library tambahan.

Selain mampu membangun komunikasi ke database, PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan lain melalui protokol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, atau bahkan HTTP.

Beberapa kelebihan lain dari PHP adalah sifatnya shareware (gratis). Tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan perangkat lunak ini. Perangkat lunak ini dapat di download melalui situs www.php.net. Kemudian walaupun masih tergolong program baru, tetapi PHP sudah banyak melalui pembaruan lewat versi-versi terbarunya.

PHP memiliki life cycle yang singkat, sehingga PHP selalu up to date mengikuti perkembangan teknologi internet.

PHP dapat dipakai hampir oleh hampir semua web server yang ada di pasaran (misalnya Apace, Xitami, AOLServer, fhttpd, phttd, Microsoft IIS, dan lain-lain) yang dijalankan pada berbagai sistem operasi linux, FreeBSD, Unix, Solaris, Windows.

PHP telah banyak didukung oleh paket database baik yang komersil maupun yang nonkomersil seperti postgreQSL, mSQL, MySQL, Oracle, Infomix, Microsoft SQL Server, dal lain-lain.

Cara kerja HTML diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh browser. Berdasarkan URL (Uniform Resouce Locator) atau dikenal dengan alamat Internet, browser mendapatkan alamat dari webserver, mengidentifikasi halaman yang dikehendaki, dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh webserver.

Kemudian webserver akan mencarikan berkas yang diminta dan memberikan isinya ke browser. Browser yang mendapatkan isinya segera melakukan proses penerjemahan kode HTML dan menampilkannya ke layar pemakai.

Prisip kerja PHP hampir sama dengan kode HTML. Hanya saja, ketika berkas PHP yang diminta didapatkan oleh webserver, isinya segera dikirim ke mesin PHP dan mesin inilah yang memproses dan memberikan hasilnya (berupa kode HTML) ke webserver. Kemudian webserver menyampaikan ke klien.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikanlah Komentar, saran dan Kritik yang membangun "