SeLaMaT DaTaNg Di BlOg Aku, SeMoGa IsI BlOg InI BeRmAnFaAt. <blink>Mengenal MySQL</blink> - PuByKaRmAtoLi.Net

Jumat, 20 Januari 2012

Mengenal MySQL

MySQL adalah salah satu jenis database server yang sangat terkenal buatan T.c.X Data konsul AB, Swedia. Kepopulerannya disebabkan MySQL menggunakan SQL sebagai bahasa dasar untuk mengakses databasenya. Database server ini sedikit unik, karena bila digunakan di software nonMicrosoft, MySQL adalah gratis, untuk memperoleh software ini bisa di download pada alamat http://www.mysql.com, Dan bila digunakan di Microsoft Windows, sifatnya adalah shareware.

MySQL termasuk jenis RDBMS (Relational Database Management System). Itulah sebabnya istilah seperti tabel, baris, dan kolom digunakan pada MySQL. Pada MySQL, sebuah database mengandung satu atau lebih tabel. Suatu tabel terdiri dari sejumlah baris dan setiap baris mengandung satu atau lebih kolom. Dengan utilitas yang terbatas pada MySQL, mungkin para DBA yang terbiasa dengan SQL server akan merasa kesulitan dengan MySQL, karena banyak kemampuan yang dibuang di MySQL. Di sisi lain, MySQL ini menjadi lebih mudah dipelajari.

MySQL dirancang untuk dapat berjalan sampai 100 akses secara simultan, selain itu MySQL juga dirancang untuk dapat berjalan cepat. Oleh karena itu MySQL menghilangkan kemampuan seperti transectional processing. MySQL juga mampu berjalan pada database sampai 100 GB. Hal ini cukup untuk sebuah software gratis.

Untuk menghubungkan PHP dengan database di server MySQL dibutuhkan dua fungsi utama yaitu:

1. mysql_connect($hostname, $username, $password);

Perintah ini berfungsi untuk mengonek ke server MySQL dengan alamat $hostname,login $username, dan password $password.

2. mysql_select_db($database);

Sedangkan perintah ini untuk mengaktifkan database $database.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikanlah Komentar, saran dan Kritik yang membangun "