Monday 24 October 2011

Perbandingan Antara DDR 2 dengan DDR 3

A.ABSTRAK

DDR (Double Data Rate) sebenarnya adalah nama untuk sebuah tipe yang menggunakan teknologi double clock cycle. Di dalam clock cycle juga terdapat apa yang disebut dengan trigger.

Trigger di sini mirip seperti kata aslinya, yaitu ketika teraktivasi, data dari RAM atau VGA ditransfer ke processor untuk diproses lebih lanjut. Dalam teknologi sebelum DDR (SD = Synchronous Dynamic), setiap clock naik ATAU turun, trigger untuk data transfer menyala. Jadi kalau ditetapkan trigger aktiv ketika turun, berarti trigger hanya akan teraktivasi ketika sinyal clock turun. Sebaliknya, jika ditetapkan trigger aktiv ketika naik, berarti trigger hanya akan teraktivasi ketika sinyal clock naik. Dalam teknologi DDR, setiap clock naik DAN turun, trigger untuk data transfer menyala. Jadi setiap ada perubahan dari 1 ke 0 dan dari 0 ke 1, trigger data transfer menyala.

B. PEMBAHASAN

DDR 2

Pada DDR2 RAM memiliki clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. Jenis DDR2 memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.

DDR 3

DDR3 adalah bagian dari SDRAM keluarga dan teknologi adalah salah satu dari banyak DRAM Dinamis Random Akses Memori) implementasi. DDR3 SDRAM adalah perbaikan atas para pendahulu, DDR2 SDRAM. keuntungan Utama DDR3 adalah kemampuan untuk mentransfer I / O data di delapan kali data tingkat memori berisi sel, sehingga memungkinkan bus lebih tinggi dan harga lebih tinggi dari harga sebelumnya puncak teknologi memori. Selain itu, standar DDR3 memungkinkan chip kapasitas 512 megabits hingga 8 gigabits, efektif memungkinkan maksimum ukuran modul memori 16 gigabyte.

Memori DDR3 memberikan pengurangan konsumsi daya lebih dari 30% dibandingkan DDR2 modul karena DDR3 dari 1,5 V pasokan tegangan, dibandingkan dengan DDR2 dari 1,8 V atau 2,5 V. Pasokan tegangan bekerja dengan baik dengan 90 nanometer pembuatan teknologi yang digunakan dalam asli DDR3 keripik. Beberapa produsen lebih mengusulkan menggunakan “dual-gate” Transistor untuk mengurangi kebocoran dari sekarang.

Keuntungan utama DDR3 berasal dari bandwidth tinggi dimungkinkan oleh DDR3 dari 8 bit deep prefetch buffer, kontras untuk DDR2 dari 4 bit prefetch buffer atau DDR ‘s 2 bit buffer.

Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih
tinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200-553 MHz) dan DDR sebesar
200-600 MHz (100-300 MHz).

Kelebihan RAM DDR3

  • Bandwidth lebih tinggi (sampai dengan 1600 MHz)
  • Peningkatan performa pada daya yang lebih kecil.
  • Pada laptop, baterai akan lebih tahan lama.
  • Operasional memritambahan untuk meningkatkan kinerja, efisiensi dan margin timing
  • Memungkinkan beberapa kepadatan tinggi, rendah tegangan modul pilihan untuk server, desktop, notebook dan aplikasi.

Keuntungan DDR3 lainnya :

  • Bandwidth kinerja tinggi, efektif hingga 1600 MHz
  • Peningkatan latencies diukur sebagai nanoseconds.
  • Tinggi pada kinerja rendah daya (lagi baterai di laptop)
  • Ditingkatkan rendah memiliki daya

Kekurangan RAM DDR3

  • Modul memori DDR3 tidak kompatibel ke belakang untuk motherboard berbasis DDR2
  • Harga yg mahal dibandingkan RAM DDR2
  • Kekurangan DDR3 yang paling utama adalah HARGA.. mahal sekali... ditambah lagi, user harus membeli motherboard baru untuk memakai RAM DDR3. Namun performanya memang cukup jauh berbeda dari DDR2 (lebih baik).. Benchmark-nya juga lebih baik.
Perbandingannya :

bahwa performa dari RAM DDR3 memang meningkat dan jauh lebih baik dibanding dengan RAM DDR2. Tentu saja ini dikarenakan teknologi yang ada pada DDR2 sudah lebih disempurnakan pada DDR3 dan juga ada beberapa teknologi baru yang ditambahkan. Dari sisi catudaya yang diperlukan juga berkurang dibandingkan dengan DDR2. Jika DDR2 memerlukan daya 1.8v untuk bisa bekerja, DDR3 hanya memerlukan daya 1.5v. Sangat menguntungkan untuk yang menggunakan laptop yang catudaya utamanya dari baterai.

Kekurangan yang lain adalah perbandingan harga yang cukup mencolok antara DDR3 dan DDR2. Hal ini dikarenakan selain teknologi yang dimilikinya tergolong baru juga karena populasinya di pasaran masih sangat sedikit. Dan juga motherboard yang mendukung RAM jenis DDR3 masih sedikit di pasaran, praktis hanya pabrikan besar saja yang sudah mendukung RAM jenis ini. Sebagai perbandingan harga, untuk RAM DDR2 dual pack yang berisi dua keeping RAM berkapasitas masing-masing 1 GB berharga sekitar US$190, sedangkan RAM DDR3 de ngan komposisi dual pack yang juga berisi dua keping RAM berkapasitas masing-masing 1 GB dijual dengan harga kisaran US$490. Kedua jenis RAM tersebut berasal dari merk yang sama. Terlihat perbedaan harga yang cukup mencolok antara kedua jenis RAM tersebut, hampir tiga kali lipatnya. Saran kami bagi Anda yang ingin “buruburu” menikmati kecepatan dari RAM DDR3. Yang paling utama adalah Anda harus menyiapkan bujet lebih, karena Anda tidak bisa meng-upgrade RAM DDR2 Anda menggunakan motherboard lama dengan RAM DDR3. Karena meskipun memiliki jumlah pin yang sama, panjang yang sama namun notch antara kedua RAM tersebut berbeda. Sehingga otomatis Anda juga harus meng- upgrade motherboard Anda yang tentunya mendukung RAM DDR3.

Perbedaan DDR 2 dan DDR 3

Keuntungan utama DDR3 adalah kemampuan untuk mentransfer data dua kali tingkat DDR2 DDR3 memungkinkan chip kapasitas 512 megabits hingga 8 gigabits, maksimum ukuran modul memori 16 gigabyte

Perbedaan dari segi kualitas antara DDR 2 dan DDR 3

DDR 2 dan DDR 3 jelas lebih cepat DDR 3, DDR 3 besar IC dibandingkan dengan DDR 2 masih kecilan DDR 3. Kebanyakan DDR 3 dipergunakan oleh para kalangan over kloking karena dengan kecepatan yang ia capai itu sangat tinggi.

C. KESIMPULAN

Bahwa, DDR 3 lebih baik dari DDR 2 karena dalam kemampuan mentransfre data lebih cepat di bandingkan dengan DDR 2. Selain itu di DDR 3 Kebutuhan listriknya lebih kecil di bandingkan dengan DDR 2, karena dalam DDR 3 teknologinya sudah di kembangkan dan lebih di sempurnakan.

DOWNLOAD FILE : Perbandingan DDR 2 dan DDR 3

No comments:

Post a Comment

Berikanlah Komentar, saran dan Kritik yang membangun "

Tips Untuk Orangtua Anak Indigo

bersikap jujur , berikanlah penjelasan lengkap sebanyak  ungkin untuk kedewasaan dan intelegensi mereka. jangan berbohong, berbohong ter...