secara umum
- Produktivitas tenaga kerja
- resiko nilai tukar dan mata uang
- biaya (Biaya nyata, biaya tidak nyata)
- sikap
- kedekatan pada pasar
- kedekatan pada pemasok
- kedekatan pada pesaing
Arti penting lokasi yang strategis
Tujuan Strategi lokasi adalah untuk memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan. lokasi merupakan pemicu biaya yang signifikan walaupun demikian, keputusan lokasi sebaiknya didasarkan atas pertimbangan :
- Lokasi tersebut memiliki infranstruktur dan tingkat pendidikan masyarakat yang mendukung teknologi produksi yang di miliki perusahaan.
- biaya yang rendah
Metode evaluasi Alternative lokasi
ada 4 metode
- metode pemeringkatan faktor
- analisis trik impas lokasi
- metode pusat gravitasi
- model transportasi
Metode Pemingkatan Faktor
metode peningkatan faktor Adalah metode penentuan lokasi yang mementingkan adanya obyektivitas dalam proses mengenali biaya-biaya yang sulit untuk dievaluasi.
langkahnya adalah :
- membuat daftar faktor yang menghubungkan
- memberi bobot setiap faktor, untuk mengembangkan kepentingan perusahaan.
- membuat skala untuk setiap faktor
- meminta penilaian manajemen untuk setiap lokasi dan setiap faktor
- kalikan nilai dengan bobot untuk setiap faktor dan jumlah nilai total untuk setiap lokasi
- membuat rekomendasi berdasarkan nilai poin maksimal.
Metode Pusat gravitasi
adalah sebuah matematis yang di gunakan untuk menemukan lokasi yang paling baik untuk suatu titik distribusi tunggal yang melayani beberapa lokasi atau daerah.
Analisis titik impas lokasi
adalah sebuah analisis biaya volume laba produksi untuk membuat perbandingan alternatif lokasi. langkahnya sbb :
- tentukan biaya tetap dan biaya variabel setiap lokasi
- petakan biaya pada sumbu vertikal dan jumlah produksi pada sumbu horisontal
- pilih lokasi yang memiliki biaya terendah.
Jenis Persediaan
secara umum persediaan perusahaan meliputi :
- persediaan bahan mentah
- persediaan barang dalam proses
- persediaan barang jadi
- persediaan barang untuk perbaikan dan operasi
EOQ [Economic Order Quality]
Asumsi yang mendasar dalam EOQ adalah :
- tingkat permintaan diketahui dan bersifat konstan
- lead time yaitu waktu antara pemesanan dan penerimaan pesanan di ketahui dan bersifat konstan
- tidak memperhitungkan diskon
- persediaan diterima dengan segera
- biaya variabel yang muncul hanya biaya pemasangan/pemesanan dan biaya penyimpannan
- keadaan kehabisan atau kekurangan stok dapat di hindari bila pemesanan di lakukan tepat waktu
Kepentingan strategi tata letak
tata letak merupakan hal yang dinamis, penentuan tata letak di harapkan dapat mencapai :
- utilisasi ruang, peralatan dan orang yang lebih tinggi
- aliran informasi, barang atau orang yang lebih baik
- moral karyawan yang lebih baik, juga kondisi lingkungan kerja lebih aman
- interaksi dengan pelanggan yang lebih baik
- Fleksibelitas
Pendekatan atau tipe tata letak
- Tata letak dengan posisi tetap, berhubungan dengan tata letak untuk proyej besar. misalnya pembuatan kapal laut.
- Tata letak berorientasi pada proses, berhubungan dengan tata letak untuk menempatkan para pekerja, peralatan dan ruangan untuk memperlancar aliran informasi.
- Tata letak ritel, berhubungan dengan penempatan rak dan memberikan tanggapan kepada pelanggan
- Tata letak gudang, berhubungan dengan melihat kelebihan dan kekurangan anatara ruangan dan sistem penanganan bahan.
- Tata letak yang berorientasi pada produk, berhubungan dengan utilisasi karyawan dan mesin yang paling baik dalam produksi yang kontinyu atau berulang.
mantap akang , terima kasih postinganya ,
ReplyDelete