Definisi dari barang :
Mutu adalah totalitas bentuk dan karakteristik barang atau jasa yang menunjukkan kemampuan untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan yang tampak jelas maupun tersembunyi.
kategori mutu
- dari sisi penggunanya, Mutu adalah kemampuan pemuasan kebutuhan yang lebih baik, bentuk produk yang lebih baik dan beberapa kelebihan lainnya.
- dari segi produk/orientasi pada pengerjaan, Mutu adalah kemampuan menyesuaikan diri dengan standar dan membuatnya dengan benar pada waktu pertama.
- dari segi sisi produk, Mutu adalah variabel yang dapat di ukur.
Cost Of Quality
adalah biaya mengerjakan sesuatu dengan salah. 4 kategori utama biaya kualitas :
- biaya pencegahan adalah biaya yang terkait dengan pengurangan produk atau jasa yang rusak.
- biaya penaksiran adalah biaya yang dikaitkan dengan proses evaluasi produk. misalnya biaya pengujian.
- biaya kegagalan internal adalah biaya yang berkaitan dengan produk rusak sebelum sampai ke konsumen. miasalny, biaya pengerjaan kembali
- biaya eksternal/kegagalan eksternal, adalah biaya yang berkaitan dengan produk rusak, setelah ke konsumen. misalnya, kehilangan goodwill biaya pada masyrakat.
Mengapa mutu itu penting/bagaimana mutu mempengaruhi perusahaan??
- mutu dapat mengarah pada peningkatan pangsa pasar dan penghematan biaya.
- meningkatkan reputasi perusahaan, mutu akan muncul bersamaan dengan persepsi mengenai produk atau karyawan dan tidak dapat di gantikan oleh promosi.
- pertanggung jawaban produk, pihak-pihak yang terlibat dalam rantai distribusi bertanggung jawab atas produk.
- implikasi internasional, agar dapat perusahaan dapat bersaing secara efektif dalam persaingan global, produk harus memenuhi mutu dan harga yang di inginkan pasar internasional.
Bagaimana mencapai total Quality management/manajemen mutu terpadu??
- yang berkaitan dengan organisasi kepemimpinan. pernyataan misi, prosedur operasi, pelatihan hasil : apa yang penting dan arena tercapai.
- prinsip-prinsip mutu. orientasi pada konsumen, perbaikan berkelanjutan, pemberdayaan karyawan, tersedia pada waktunya. hasil, bagaimana melakukan hal terpenting dan harus tercapai.
- karyawan yang melaksanakan. pemberdayaan komitmen organisasi. hasilnya sikap karyawan yang memungkinkan pencapian hal penting.
- kepuasan konsumen. pemenuhan kebutuhan konsumen, konsumen yang mengulang perbelian. hasilnya, organisasi yang efektif dengan keuntungan kompetitif.
TQM (Total Quality Manajemen)
- TQM merupakan konsep yang menekankan kualitas yang organisasi keseluruhan, mulai dari pemasok hingga pelanggan.
- W. Edwards Deming, mengenalkan 6 konsep program TQM yang efektif, yaitu :
- perbaikan terus menerus
- pemberdayaan karyawan
- Benchmarking
- Just in time
- konsep Taguchi
- pengetahuan alat TQM
dari konsep yang ke 3 Benchmarking
Benchmarking adalah pemilihan standar konerja yang mewakili kinerja terbaik sebuah proses atau aktivitas. langkah untuk menentukan standar/patokan :
- menetapkan apa yang akan dijadikan patokan
- membentuk tim patokan
- mengidentifikasikan rekanan patokan
- mengumpulkan dan menganalisis informasi patokan
- mengambil tindakan untuk menamai atau melebihi patokan.
dari konsep yang ke 4 Just in time
sistem JIT di rancang untuk memprodulsi dan mengantar mereka di butuhkan. bagaiman JIT berpengaruh pada kualitas??
- JIT memangkas biaya kualitas
- JIT meningkatkan kualitas
- kualitas lebih baik berarti persediaan lebih sedikit
dari konsep yang ke 5 Taguchi
konsep taguchi dikenalkan oleh Genichi Taguchi, bertujuan untuk memperbaiki kualitas prudok dari proses melalui :
- Quality Robustness, produk yang dapat di produksi secara seragam dan konsisten dalam setiap kondisi.
- Quality Loss Function, semua biaya yang berhubungan dengan kualitas buruk suatu produk dan menunjukkan bagaimana biaya ini akan meningkatkan jika tidak memuaskan pelanggan
- Target Oriented Quality
keputusan produk adalah pemilihan, penetapan dan desain produk. tujuan adalah untuk mengembangkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan memiliki keunggulan kompetitif.
Pemilihan produk adalah pemilihan produk atau jasa yang dapat di sajikan kepada pelanggan. proses ini antara lain (contoh kasus) :
- Positioning perusahaan. Misalnya RS memutuskan apakah akan menjadi RS umum atau RS khusus bersalin.
- Pembedaan produk. Misalnya RS yang menawarkan penanganan penyakit tertentu, secara lebih cepat daripada pelayanan
- menjalankan strategi biaya rendah
- respons yang cepat dalam melayani pelanggan
Siklus dan strategi
- fase perkenalan, strategi yang dilakukan : investasi yang lebih banyak di bidang penelitian, pengembangan produk, perbaikan proses dan pengembangan pemasok.
- fase pertumbuhan, strategi yang dapat di lakukan, penambahan kapasitas produksi yang ada.
- fase kematangan, Strategi : pengendalian biaya (karena persaingan sudah masuk)
- fase oenurunan, menghentikan produksi yang tidak menguntungkan bagi perusahaan.
menghasilkan produk baik, bagaimana prosesnya??
brainstorning yaitu, teknik untuk membangkitkan ide kreatif pada subyek khusus.
apa saja yang menimbulkan peluang munculnya produk baru??
- penambahkan akan pelanggan
- perubahan ekonomi, mengakibatkan meningkatkan tingkat kemakmuran pada jangka panjang, tetapi siklus ekonomi dan harga berubah pada jangka pendek. misalnya : semakin lama semakin banyak mampu membeli mobil, tetapi krisis minyak secara temporer mengakibatkan permintaan mobil turun.
- perubahan sosiologis dan demografis, misalnya dulu keluarga besar membutuhkan mobil dan rumah besar, namun sekarang keluarga kecil perlu mobil dan rumah kecil.
- perubahan lain seperti kebiasaan pasar standar profesional, pemasok dan distributor.
No comments:
Post a Comment
Berikanlah Komentar, saran dan Kritik yang membangun "